SEOUL (Arrahmah.id) – Produsen yang berafiliasi dengan “Israel” berupaya untuk menarik kembali daya beli masyarakat yang gencar memboikot mereka. Beberapa produsen seperti Starbucks dan McDonalds menggunakan idol K-pop untuk mempromosikan produk mereka.
Para idol K-pop itu mempromosikan produk-produk pro-“Israel” dalam satu waktu bersamaan, sehingga hal ini dianggap sebagai iklan.
Ada juga yang menyebut produk-produk tersebut sengaja menggaet idol K-pop karena mengetahui besarnya pengaruh mereka. Namun yang terjadi justru sebaliknya.
Para fans idol K-pop itu menyerukan penolakan. Bahkan mereka secara terang-terangan meminta kepada agensi untuk lebih bijak ketika bekerjasama dalam pembuatan iklan. Para fans berharap artis idola mereka tidak mendukung genosida yang telah dilakukan “Israel”.
“Halo Pledis, Kami tidak ingin Seventeen mengasosiasikan atau mempromosikan Starbucks, atau perusahaan mana pun yang mendanai genosida di Palestina. Harap perhatikan kekhawatiran kami,” tulis semua fans dari group band Seventeen.
“Scoups, kami tidak benci Seventeen, kami tidak benci Hoshi, kami benci Starbucks karena mereka terkait dengan genosida. Tolong ini niat kami yang sebenarnya, kami tidak ingin kalian semua menjadi bagian dari mereka,” tulis semua fans Seventeen.
Kalimat ini diunggah oleh banyak akun hingga trending X dengan hastag Pledis.
Pledis merupakan label rekaman yang menaungi Seventeen, sementara Scoups merupakan leader dari grup Seventeen.
Tidak hanya Seventeen, namun agensi yang menaungi idol K-pop lainnya seperti Stray Kids, Winner, Treasure, Blackpink, hingga BTS pun mendapat seruan yang sama dari para fans mereka.
“Halo Jype. Kami Tidak ingin Stray Kids atau artis mana pun mengasosiasikan atau mempromosikan Starbucks, McDonalds, Disney. Perusahaan-perusahaan tersebut mendanai genosida di Palestina. Harap perhatikan kekhawatiran kami,” tulis semua fans hingga hastag Jype_Boycott_Genocide trending X.
“Halo YG Entertainment. Kami tidak ingin Winner mengasosiasikan atau mempromosikan Starbucks, McDonald’s, atau perusahaan mana pun yang mendanai genosida di Palestina. Harap perhatikan kekhawatiran kami,” tulis semua fans Winner.
“Halo YG Entertainment. Kami tidak ingin Treasure, Blackpink, bahkan Babymonster dan artis kalian mempromosikan Starbucks/McD. Mereka akan didukung genosida oleh ‘Israel’!!! ini tentang kemanusiaan!!!!” tulis fans.
“Kepada seluruh Treasure Maker. Saat ini brand zionis sedang mengincar idola K-pop untuk melakukan softselling produknya, kami mengundang Anda untuk email massal atau Twitter agar YG Entertainment atau Treasure tidak terlibat dalam mendukung produknya,” tulis fans Treasure.
“Halo Bighit Music. Kami tidak ingin BTS & TXT mengasosiasikan atau mempromosikan Starbucks, McDonald’s, atau perusahaan mana pun yang mendanai genosida di Palestina. Harap perhatikan kekhawatiran kami,” tulis semua fans dengan kalimat serupa.
Sebagaimana diketahui, “Israel” telah menyerang Palestina hingga menewaskan lebih dari 20 ribu orang, termasuk anak-anak dan perempuan.
Seruan boikot terhadap produk-produk yang terang-terangan mendukung “Israel”, atau yang berafiliasi dengan negara Zionis itu, pun telah dilakukan. Hastag boikot produk yang berafiliasi dengan “Israel” pun menjadi trending topik di X. (Rafa/arrahmah.id)