JAKARTA (Arrahmah.com) – Symantec berhasil mengakuisisi MessageLabs, penyedia layanan keamanan pengiriman pesan (messaging) dan Web.
Dalam kesepakatan tersebut disebutkan bahwa Symantec akan mengakuisisi MessageLabs dengan harga pembelian sebesar USD695 juta dalam bentuk tunai, dengan mata uang asing yang disesuaikan yakni sebesar 310 juta Poundsterling dan USD154 juta. MessageLabs membukukan pendapatan sebesar USD145 juta pada tahun fiskal 2008 yang berakhir pada 31 Juli 2008 dan tumbuh lebih dari 20 persen dari periode fiskal sebelumnya. Kesepakatan ini masih harus melalui persyaratan penutupan transaksi yang lazim, termasuk persetujuan dari regulator dan diharapan akan tuntas pada akhir tahun kelender 2008.
Dengan akuisisi MessageLabs ini, Symantec meraih� posisi terdepan dalam segmen Software sebagai layanan (Software-as-a-Service/ SaaS) dan memperkuat kepemimpinannya di pasar keamanan pengiriman pesan.
MessageLabs adalah penyedia keamanan pengiriman pesan online nomor satu di dunia dengan lebih dari 8 juta pengguna di lebih dari 19.000 klien mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan Fortune 500. Symantec akan memanfaatkan cross-selling dan up-selling penawaran backup, storage dan remote access SaaS yang ada ke basis pelanggan MessageLabs. Penawaran SaaS di masa depan, dengan memanfaatkan teknologi Symantec di bidang data loss prevention, compliance, endpoint security dan archieving, akan diperkuat melalui keahlian MessageLabs dalam penjualan, operasional dan dukungan SaaS.
“MessageLabs memperluas investasi kami dalam segmen Software-as-a- Service dan akan memungkinkan kami menawarkan pilihan baru kepada para pelanggan kami dari satu penyedia solusi keamanan pengiriman pesan. Dengan menggabungkan MessageLabs dengan tim Symantec Protection Network, kami memiliki salah satu portofolio layanan infrastructure berbasis cloud� paling kuat dan pondasi pertumbuhan yang luar biasa,” kata John W Thompson, chairman and chief executive officer, Symantec, melalui keterangan resminya, Senin (13/10/2008).
Dengan menggabungkan keahlian MessageLabs yang mendalam di pasar SaaS dan portofolio teknologi Symantec yang kaya, Symantec akan dapat menawarkan portofolio layanan online yang luas untuk mengamankan dan mengelola informasi. Dengan menyatukan dua pemimpin industri, Symantec secara signifikan memperluas kepemimpinan pasar nya di bidang keamanan pengiriman pesan. Selain itu, Symantec akan menghadirkan� penawaran yang sangat beraneka ragam di pasar keamanan pengiriman pesan, meliputi software, perangkat dan layanan tersimpan (hosted services).
Akuisisi ini juga melanjutkan momentum Symantec Protection Network, platform Symantec SaaS. Dengan mengkombinasikan MessageLabs dan Symantec Protection Network, pelanggan akan meraih manfaat dari akses ke panawaran SaaS yang lebih besar pada portal yang mudah digunakan dan peluang untuk melakukan pembelian melalui jaringan yang lebih luas dari mitra-mitra di lebih banyak tempat di seluruh dunia. Para pelanggan MessageLabs kini akan dapat memiiki akses terhadap penawaran Symantec Protection Network melalui model go-to-market SaaS dari Message Labs. Program channel Symantec untuk UKM dan enterprise yang sudah teruji akan memperluas akses global terhadap penawaran Message Labs.
Perangkat layanan online yang� mapan dari Message Labs� untuk keamanan pengiriman pesan dan Internet memberikan penawaran pelengkap tambahan bagi layanan online yang sudah tersedia dalam platform Symantec Protection Network yang meliputi Online Backup, Online Storage for Backup Exec dan Online Remote Access. 14 data center milik MessageLabs di seluruh dunia dan keahliannya di bidang penjualan, operasional dan dukungan SaaS juga akan mendukung ekspansi internasional layanan Symantec Protection Network di masa depan.
MessageLabs ditambah Symantec Protection Network akan mencipakan grup produk Symantec Software-as-a-Service baru untuk mempercepat pengembangan solusi-solusi SaaS baru dan penawaran hibrid bagi para profesional TI. SaaS digambarkan sebagai salah satu tren paling berpengaruh di dunia software dengan perkiraan ukuran pasar saat ini sebesar USD5,71 miliar (pada 2007)� dan mencapai USD16,98 miliar pada 2012, yang menurut IDC setara dengan CAGR (pertumbuhan rata-rata) sebesar 24,4 persen. (okz)