Oleh: Ustadz Fuad Al Hazimi
(Arrahmah.com) – Sepertinya saat ini sedang ngetrend labelisasi dalam setiap perbedaan pendapat. Seakan-akan semua perbedaan baru bisa diakhiri jika sudah melabeli mereka yang berbeda pendapat dengan label Takfiri, Murji’ah, Khawarij, Kafir Murtad dan label-label lainnya. Tanpa terlebih dahulu melakukan proses tabayyun dan silaturahim
Lihatlah bagaimana kerendahan hati dan tawadhu’nya Imam Asy Syafi’i saat berbeda pendapat dengan ulama lainnya :
رأيي صَوابٌ يَحتَمِلُ الخَطأ، و رأيُ غَيري خَطأ يَحتَمِلُ الصَّوابَ
“Pendapatku benar tetapi bisa jadi mengandung kesalahan, sedangkan pendapat anda salah tetapi bisa jadi memiliki kebenaran”
Sikap seperti yang dicontohkan oleh Imam Syafi’i ini hanya akan terjadi bila semua perbedaan pendapat didasari oleh rasa saling menghormati, menghargai, husnuzhon, ukhuwwah Islamiyyah dan kecintaan terhadap sesama muslim sebagaimana disebutkan Allah dalam Firman Nya :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
“Wahai kaum mukmin, siapa saja di antara kalian keluar dari Islam, Allah akan mengganti kalian dengan kaum yang dicintai Alah dan mereka mencintai Allah. Mereka bersikap santun kepada orang-orang mukmin tetapi keras kepada orang-orang kafir. Mereka berjihad untuk membela Islam dan sama sekali tidak takut kepada celaan siapapun. Itulah karunia Allah yang diberikan kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Allah Maha Luas rahmat-Nya dan Maha mengetahui semua perbuatan kalian”. (QS Al Maidah 54)
Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
لا تحاسدوا ولا تَناجَشُوا ولا تباغضوا ولا تدابروا ولا يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ,وكونوا عباد الله إخواناً. اَلْمُسْلِمُ أَخُو المسلمِ: لا يَظْلِمُهُ ولا يَخْذُلُهُ ولا يَكْذِبُهُ ولا يَحْقِرُهُ. اَلتَّقْوَى هَهُنا – يُشِيْرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلاثَ مَرَّاتٍ- بِحَسْبِ امْرِيءٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخاهُ الْمُسْلِمَ. كُلُّ الْمسلمِ عَلَى المسلمِ حَرامٌ: دَمُهُ وَمالُهُ وعِرْضُهُ
“Jangan kalian saling dengki, jangan saling melakukan najasy, jangan kalian saling membenci, jangan kalian saling membelakangi, jangan sebagian kalian membeli barang yang telah dibeli orang lain, dan jadilah kalian sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim adalah saudara Muslim bagi lainnya, karenanya jangan dia menzhaliminya, jangan menghinanya, jangan berdusta kepadanya, dan jangan merendahkannya. Ketakwaan itu di sini -beliau menunjuk ke dadanya dan beliau mengucapkannya 3 kali-. cukuplah seorang muslim dikatakan jelek akhlaknya jika dia merendahkan saudaranya sesama Muslim. Setiap muslim diharamkan mengganggu darah, harta, dan kehormatan muslim lainnya.” (HR. Muslim no. 2564)
Namun jika landasannya adalah perasaan iri, dengki, merasa paling benar, paling berada di atas hujjah dan menutup pintu perbedaan ijtihad, maka yang terjadi selanjutnya seperti ucapan Al Mutanabbi berikut :
وليس يصح في الأفهام شيء إذا احتاج النهار الى دليل
“Dan tidak ada satupun dari berbagai pemahaman itu yang dianggap benar, jika di siang hari pun masih membutuhkan penunjuk jalan”
Sifat ta’ashshub, merasa paling benar tak akan bisa melihat dengan jelas walaupun di siang hari yang terang benderang.
Yang lebih menyedihkan lagi adalah, saat seseorang telah dilabeli dengan predikat tertentu, mendadak sontak semua amal dan ilmunya dipandang tak bermanfaat dan tidak mau lagi mengambil apapun kebaikan darinya. Jika sudah seperti ini, maka musibah baru akan muncul menyusul musibah ta’ashub, yaitu musibah kebodohan karena telah menutup rapat-rapat pintu-pintu ilmu.
Apakah para ulama menolak untuk mengambil penjelasan tentang hadits-hadits Shahih Bukhari dari Kitab Fathul Bari karena Imam Ibnu Hajar Al Asqolany beraqidah Asy’ariyyah ?
Apakah para ulama menolak untuk mengambil penjelasan tentang hadits-hadits Shahih Muslim dari Kitab Syarah Shahih Muslim hanya karena mengetahui bahwa Imam Nawawi beraqidah Asy’ariyyah ?
Apakah para ulama menolak untuk menukil dari kitab Fathul Qadir karena Imam Asy Syaukani adalah Mufti Syi’ah Zaidiyyah ?
Apakah para ulama menolak untuk menukil dari kitab Tafsir Al Kasyaf karena Imam Zamahsyari adalah penganut paham Mu’tazilah ?
Apakah kitab Ihya’ Ulumiddin karya Imam Ghazali tidak lagi menjadi rujukan hanya karena beliau penganut tasawwuf ?
Apakah para ulama menolak untuk menukil hadit-hadits dan penjelasannya dari kitab Nailul Authar karena Imam Asy Syaukani adalah Mufti Syi’ah Zaidiyyah?
Apakah para ulama menolak untuk mengambil pendapat imam Syafi’i karena beliau tidak mengkafirkan orang yang meninggalkan sholat karena lalai tetapi masih meyakini kewajibannya?
Syaikhul Islam Ibn Taymiyah menyatakan : “Tidak seorang pun di muka bumi ini yang lebih jujur dan lebih adil daripada kaum Khawarij (Minhaj as-Sunnah, juz 1 hal 15)
Imam Abu Dawud menegaskan : “Di muka bumi ini, tidak ada yang lebih shahih dibanding hadits kaum Khawarij.” (As-Sunnah wa Makanatuha fi at Tasyri’ al-Islami, hal 83)
Dr. Mustafa as-Siba’i : “Saya telah berusaha mencari data otentik untuk menguatkan asumsi bahwa kaum Khawarij mengarang hadits palsu. Tetapi, saya belum menemukan bukti itu. Saya malah menemukan data-data ilmiah yang menyatakan kebalikan asumsi tersebut” (As-Sunnah wa Makanatuha fi at Tasyri’ Al Islami, hal 83)
Dan masih banyak lagi yang tidak mungkin saya sebutkan di sini satu persatu
Perbedaan pendapat selama masih dalam ranah ijtihady seharusnya justru makin menambah luas wawasan keilmuan kita bukan malah membuat kita menutup pintu-pintu ilmu Allah. Wallahu A’lam. (arrahmah.com)