Saat ini kita dibuat tercengang-cengang dengan sepak terjang Prof.Dr.KH. Said Aqil Siradj Ketua Umum PBNU yang melontarkan berbagi tuduhan keji kepada umat Islam. Namun ternyata perilaku nyeleneh bak pendekar mabok ini bukan hanya sekarang saja terjadi. Tulisan ini hanya sekedar mengumpulkan remah-remah yang bertebaran di internet terkait sepak terjang KH. Said Aqil Siradj. Sebelumnya mari kita mengenal KH. Said Aqil Siradj lebih dekat dengan membaca sedikit curiculum vitaenya.
Nama : Prof Dr KH Said Agil Siradj
Nama lengkap : Said Aqil Siradj
Nama istri : Nur Hayati Abdul Qodir
Nama Anak:
- Muhammad Said Aqil
- Nisrin Said Aqil
- Rihab Said Aqil
- Aqil Said Aqil
Tempat dan tanggal lahir: Cirebon, 03 Juli 1953
Hobby: Membaca, Silaturrahmi dan Ibadah (?)
Riwayat Pendidikan:
– Pendidikan Formal
- S1 Universitas King Abdul Aziz, jurusan Ushuluddin dan Dakwah, lulus 1982
- S2 Universitas Umm al-Qura, jurusan Perbandingan Agama, lulus 1987
- S3 University of Umm al-Qura, jurusan Aqidah / Filsafat Islam, lulus 1994
– Non-Formal
- Madrasah Tarbiyatul Mubtadi’ien Kempek Cirebon
- Hidayatul Mubtadi’en Pesantren Lirboyo Kediri (1965-1970)
- Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta (1972-1975)
– Pengalaman Organisasi
- Sekertaris PMII Rayon Krapyak Yogyakarta (1972-1974)
- Ketua Keluarga Mahasiswa NU (KMNU) Mekkah (1983-1987)
- Wakil Katib ‘aam PBNU (1994-1998)
- Katib ‘aam PBNU (1998-1999)
- Penasehat Gerakan Anti Diskriminasi Indonesia (Gandi) (1998)
- Ketua Forum Komunikasi Kesatuan Bangsa (FKKB) (1998-sekarang)
- Penasehat Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam UI (1998-sekarang)
- Wakil Ketua Tim Gabungan Pencari fakta (TGPF) Kerusuhan Mei 1998 (1998)
- Ketua TGPF Kasus pembantaian Dukun Santet Banyuwangi (1998)
- Penasehat PMKRI (1999-sekarang)
- Ketua Panitia Muktamar NU XXX di Lirboyo Kediri (1999)
- Anggota Kehormatan MATAKIN (1999-2002)
- Rais Syuriah PBNU (1999-2004)
- Ketua PBNU (2004-sekarang)
– Profesional Kegiatan
- Tim ahli bahasa indonesia dalam surat kabar harian Al-Nadwah Mekkah (1991)
- Dosen di Institut Pendidikan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) (1995-1997)
- Dosen pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (1995-sekarang)
- Wakil Direktur Universitas Islam Malang (Unisma) (1997-1999)
- MKDU penasihat fakultas di Universitas Surabaya (Ubaya) (1998-sekarang)
- Wakil ketua dari lima tim penyusun rancangan AD / ART PKB (1998)
- Komisi member (1998-1999)
- Dosen luar biasa Institut Islam Tribakti Lirboyo Kediri (1999 – sekarang)
- Majelis Permusyawaratan Rakyat anggota fraksi yang mewakili NU (1999-2004)
- Lulusan Unisma direktur (1999-2003)
- Penasehat Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) (2001-sekarang)
- Dosen pascasarjana ST Ibrahim Maqdum Tuban (2003-sekarang)
- UNU Dosen lulusan Universitas NU Solo (2003-sekarang)
- Lulusan Unisma dosen (2003-sekarang)
- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) 2010-2015
Berikut fakta sepak terjang KH. Said Aqil Siradj yang terekam media dan bisa membuat kita menimbang-nimbang apakah bisa kita mengajukan pertanyaan “Kyai Said, sampeyan muslim?
1. Kyai Said mengutuk ‘kekerasan’ yang dilakukan oleh umat Islam, dekat dan mesra dengan kelompok minoritas (non muslim dan penganut aliran sesat), mendoakan keselamatan untuk penganjur kesesatan Ulil Abshar Abdalla dedengkot JIL yang sekarang nyaman di ketiak partai penguasa dan dekat atau menjadi bagian dari kelompok pengidap penyakit SEPILIS (Sekularisme, Pluralisme, Liberalisme).
http://wahidinstitute.org/Berita/Detail/?id=295/hl=id/KH_Said_Aqil_Siradj_Jangan_Ragu_Dengan_PBNU
2. Kyai Said penjilat penguasa dan mengkhianati suara rakyat dengan mengkritik beberapa tokoh agama yang menuduh pemerintah telah berbohong.
http://nasional.inilah.com/read/detail/1142292/pbnu-sindir-tokoh-lintas-agama-tak-santun
3. Kyai Said Aqidahnya rusak.
Berikut kutipan pemikiran Said Aqil Siradj dalam sebuah tulisannya berjudul “Laa Ilaha Ilallah, Juga ” menurutnya :” Agama yang membawa misi Tauhid adalah Yahudi,Nasrani dan Islam. Ketiga agama tersebut datang dari Tuhan melalui nabi dan rasul pilihan. Yahudi diturunkan melalui Musa, nasrani diturunkan melalui Isa dan Islam diturunkan melalui nabi Muhammad SAW. Kedekatan ketiga agama samawi yang sampai saat ini dianut manusia semakin tampak jika dilihat dari genealoi ketiga utusan (Musa, Isa, Muhammad) yang bertemu pada Ibrahim. Ketiga agama tersebut mengakui Ibrahim sebagai the Faunding Father’s bagi agama tauhid. Jadi ketiga agama tersebut sama-sama memiliki komitmen untuk menegakkan kalimat tauhid….. dari ketiga macam tauhid diatas(tauhid Rubbubiyah,Uluhiyah dan asma wa sifat), tauhid Kanisah Ortodhoks Syiria (Kristen Oerthodok) tidak memiliki perbedaan yang berarti dengan tauhid Islam……….dst (Menuju Dialog Teologis Kristen Islam karya Bambang Noorsena penganut Kristen Orthodok Syiria).
4. Kyai Said melontarkan perkataan kesyirikan.
Kyai Said pernah berkata “Jika seseorang berdoa’a pada batu secara khusyu’ maka Alloh akan mengabulkan do’anya karena kalau tidak terkabul maka Alloh akan sama dengan batu“.
5. Kyai Said berbuat bid’ah.
Said Aqil pernah mensponsori dan mengadakan doa bersama antar agama dalam sebuah tema ” Indonesia Berdoa” yang dihadiri beberapa tokoh kafir (non muslim)dan juga beberapa pimpinan NU. Sebuah acara mengada-ada (bid’ah mungkar). Hal itu tidak pernah dilakukan oleh Rasululloh dan para Sahabat. Bahkan tercatat dalam sejarah Rasullulloh, beliau mengadakan Mubahallah (do’a untuk melaknat) dengan tokoh Nashara, bukan do’a untuk mencari keselamatan bersama antara beberapa tokoh agama.
6. Kyai Said pernah mengatakan bahwa “Abdullah bin Saba’ (pimpinan Syiah) dalam masa Rasululloh dan para sahabat tidak pernah ada dan tidak pernah dikenal dalam sejarah Islam”. Dalam hal ini Said Aqil berusaha menutupi dan mendistorsi sejarah Islam. Abdullah bin Saba’ (seorang Yahudi yang masuk Islam kemudian menyimpang dan memimpin Syiah) berusaha dihilangkan oleh Said Aqil dari panggung sejarah Islam Sehingga seolah-olah Yahudi tidak dianggap sebagai musuh dan golongan yang pertama-kali memecah belah dan mengacak-acak Islam.
7. Kyai Said pernah mengakui bahwa dia pernah belajar Agama Syiah dan dia tidak mempermasalahkan sesatnya ajaran Syiah tersebut dan dianggapnya wajar-wajar saja.
8. Kyai Said gemar keluar masuk gereja dan berceramah di sana.
9. Kyai Said pernah mengusulkan agar MUI dibubarkan.
Point 3 sampai 9 dapat dilihat di: http://alislam-pwt.tripod.com/islam__liberal2.htm
10. Kyai Said pendukung ideologi kufur pluralisme.
http://www.cathnewsindonesia.com/2011/07/14/nahdlatul-ulama-tetap-komit-pada-pluralisme/
11. Kyai Said simpatisan sekte sesat Syiah.
Dalam buku Tasawwuf sebagai Kritik Sosial, di antaranya Said Aqil menulis bahwa kehadiran Islam sarat dengan nuansa politis dan Imam Syafi’i dianggap simpatisan Syi’ah.
12. Kyai Said bergabung dengan partai sekuler yang selalu menghalang-halangi upaya penegakkan syariat Islam di Indonesia.
http://www.riaupos.co.id/berita.php?act=full&id=4140&kat=8
13. Kyai Said menerima perwakilan GKI Yasmin namun tidak tabayyun kepada Umat Islam Bogor.
14. Kyai Said adalah pejuang Hindu, Budha, Kristen dan Konghucu.
Point ini di atas disimpulkan dari judul KEBHINNEKAAN DAN PLURALISME bab 13 buku TASAWAUF SEBAGAI KRITIK SOSIAL karangan Said Aqil Siroj, tebitan Mizan, September 2006.
http://www.pejuangislam.com/main.php?prm=karya&var=detail&id=224
15. Kyai Said pernah bersuara sangat aneh dan menyakiti para sahabat Nabi Muhammad bahwa orang Arab sepeninggal Nabi Muhammad mereka murtad kecuali hanya orang-orang Arab Quraisy, itupun tidak keluarnya dari Islam bukan karena agama tapi karena suku/ kabilah. Dengan tulisannya di makalah yang sangat menyakiti para sahabat Nabi Muhammad itu maka Aqil Siradj dikafirkan oleh belasan ulama dan ada gagasan untuk diusulkan ke almamaternya, Universitas Ummul Quro Makkah, agar gelar doktornya dicabut.
http://www.narutobux.info/2011/09/tokoh-tokoh-nyeleneh-di-uin-dan-iain_09.html
16. Kyai Said secara serampangan mengaitkan antara pergerakan dakwah Wahabi dengan radikalisme. Dia bahkan membuat istilah baru tentang dakwah Wahabi, yaitu “ideologi puritanisme radikal.”
17. Kyai said memprovokasi warga NU untuk melakukan “sterilisasi” masjid-masjid yang menurutnya berpotensi menjadi sarang kelompok puritan radikal.
http://www.globalmuslim.web.id/2011/10/antara-wahabi-dan-isu-terorisme.html
18. Kyai Said mendukung BIN untuk memata-matai umat Islam.
http://www.rakyatmerdekaonline.com/news.php?id=40947// http://forum.detik.com/said-aqil-siradj-sudah-saatnya-intelijen-diberi-hak-menangkap-t293232.html
19. Terpilihnya Kyai Said sebagai Ketua Umum PBNU disambut gembira dedengkot JIL Ulil Abshar Abdalla.
http://wap.vivanews.com/news/read/139685-ulil_abshar__said_agil_paling_pas_pimpin_pbnu
20. Kyai Said menuduh lembaga-lembaga Islam yang mendapatkan dana dari negeri-negeri Islam memproduksi teroris.
21. Kyai Said reaktif dan tidak memiliki empati.
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyatakan jika benar pelaku bom bunuh diri di Gereja Kepunton Solo terkait dengan bom Cirebon, itu berarti si pelaku memahami Islam secara salah. Termasuk kenyakinan para bomber bakal disambut bidadari itu gombal.
22. Kyai Said membawa NU bermesra-mesraan dengan penguasa (kritikan tokoh muda NU).
23. Kyai Said dipihak Kristen pada kasus Ciketing Bekasi
24. Kyai Said membawa NU mendekati dunia politik praktis (lebih dekat dengan penguasa).
http://www.rimanews.com/read/2011032…impangan-jalan
25. Kyai Said adalah pemain di dalam isu pluralisme dan liberalisme.
http://islamlib.com/id/artikel/jiwa-besar-nu-untuk-muktamar-muhammadiyah
26. Kyai Said mempromosikan tasawuf sebagai solusi dari krisis multidimensi yang sedang melanda umat Islam saat ini, baik agama, ekonomi, maupun politik.
http://emka.web.id/ke-nu-an/2011/kh-said-aqil-siradj-tasawuf-solusi-di-era-globalisasi/
27. Pentolan JIL (Jaringan Islam Liberal) Ulil Abshar Abdalla tidak mampu menyembunyikan rasa bangganya atas terpilihnya Said Aqil Siradj yang pro aliran sesat Syiah dan bahkan menjadi anggota kehormatan Majelis Tinggi Agama Khonghuchu Indonesia 1999-2002.
http://politik.vivanews.com/news/read/139685ulil_abshar__said_agil_paling_pas_pimpin_pbnu
28. Kyai Said, tanpa canggung berkhotbah dalam acara misa Kristiani disebuah gereja di Surabaya. Dengan background belakangnya salib patung Yesus dalam ukuran yang cukup besar. Beritanya pun dimuat majalah aula milik warga NU, dia juga pernah melontarkan gagasan liberalnya yaitu merencanakan pembangunan gedung bertingkat, dengan komposisi lantai dasar akan diperuntukkan sebagai masjid bagi umat Islam, sedangkan lantai tingkat satu diperuntukkan sebagai gereja bagi umat kristiani, lantai tingkat dua diperuntukkan sebagai pure bagi penganut hindu, demikian dan seterusnya. (KH. Lutfi Bashori, Konsep NU & Krisis Penegakan Syari’at).
http://groups.yahoo.com/group/Tauziyah/message/26068
29. Kyai Said mengatakan bangsa Arab memiliki kecenderungan kuat untuk memperlakukan orang lain, terutama dari negeri-negeri non Arab, sebagai budak.
http://buruhmigran.or.id/en/2010/12/said-aqil-siradj-arab-cenderung-lakukan-perbudakan/
30. Kyai Said menuduh gerakan dakwah yang merujuk kepada Al-Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman ulama salaf sebagai biang kerok dan sumber konflik di tengah-tengah masyarakat.
31. Kyai Said adalah ulama su’ (jahat).
http://rimanews.com/read/20110126/14109/bela-penguasa-said-aqil-siradj-rendahkan-martabat-ulama
32. Kyai Said berdoa di kuburan agar terpilih menjadi Ketua Umum PBNU.
http://www.yiela.com/view/992372/jelang-pembukaan-muktamar-said-aqil-temui-tokoh-nu-dan-berziarah
33. Kyai Said berkolaborasi dengan aliran sesat LDII memperingati HUT RI ke-62.
http://ldii.net78.net/?Kunjungan_Kelembagaan:LDII_dan_NU_menadakan_%22TABLIGH_AKBAR%22
34. Kyai Said menuduh pemerintah gagal mewujudkan kehidupan masyarakat yang damai dan harmonis terkait arogansi GKI Yasmin Bogor.
http://icrp-online.org/112011/post-779.html
35. Kyai Said menulis dalam bukunya Tasawwuf sebagai kritik sosial, bahwa kehadiran Islam sarat dengan nuansa politis, Imam Syafi’i dianggap simpatisan Syi’ah dan pembelaanya terhadap Ahmadiyah.
http://my.opera.com/ipnu-ippnu-jabon/blog/dikritisi-kiai-muda-jatim-said-janji-edit
36. Kyai Said bertemu dengan pemimpin Tertinggi Revolusi Syiah Iran, Ayatollah Al-Udzma dalam Konferensi Persatuan Islam ke-24 di Teheran.
37. Kyai Said meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk segera menutup situs-situs Islam.
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/27/20360737/Said.Aqil.Tifatul.Jangan.Cuma.Tutup.Situs.Porno.
38. Kyai Said mengatakan: Syi’ah adalah mazhab Islam yg membanggakan karena dari generasi ke generasi konsisten membangun dan menjaga tradisi…
www.xbox360videos.com/index.php?key=%3DGus+Dur&page…
39. Kyai Said menuduh berkembangnya ajaran Wahabi ala Saudi Arabia ke seluruh pelosok dunia karena dukungan dana yang sangat besar yang dialirkan ke para aktifis pengikut wahabi.
Kyai Said mengatakan, Muhammad bin Abdul Wahhab, pendiri wahabisme bukanlah intelektual muslim yang cemerlang. Tidak ada karya besar yang dihasilkannya karena ia hanya mengarang kitab-kitab kecil saja.
Kyai Said mengatakan, Muhammad bin Abdul Wahab melakukan kolaborasi dengan Ibnu Saud, pendiri kerajaan Saudi Arabia untuk melakukan pemberontakan terhadap kekhalifahan Turki Utsmani.
Kyai Said menuduh Muhammad bin Abdul Wahab menghancurkan banyak situs sejarah di Makkah dan Madinah yang telah dipelihara dengan baik sejak zaman Rasulullah.
40. NU mendapatkan kucuran dana tak terbatas dari AS.
Kyai Said mengatakan, NU mendapatkan kepercayaan dari Bank Dunia dalam bentuk pendanaan tak terbatas untuk kegiatan sosial Ormas yang diklaim terbesar di Indonesia ini, yang akan terus berlangsung selama NU berdiri. Rencananya dana tak terbatas tersebut akan digunakan oleh NU untuk membiayai kegiatan civil society mereka. Seperti diketahui, NU dengan beragam underbouw-nya telah lama bergiat dalam bidang kesetaraan gender, demokrasi, pengentasan kemiskinan, multikulturalisme, serta menjaga hubungan baik antar ummat beragama.
Kyai Said menuduh situs-situs Islam mengajarkan terorisme.
http://harapan-putra.blogspot.com/2011/10/nahdhatul-ulama-telah-dirusak-oleh.html
41. Kyai Said menebar fitnah kepada 12 yayasan Islam di Indonesia.
42. Kyai Said mengatakan, Syiah di Indonesia tidak berbahaya.
43. Kyai Said menuduh Ust. Jafar Umar Thalib penebar benih radikal.
44. Kyai Said paranoid terhadap muslim yang menampakkan simbol-simbol sunnah.
45. Kyai Said menghina sahabat dengan mengatakan sahabat sholat shubuh kesiangan.
46. Kyai Said mengikuti ucapan Gus Dur mengatakan; “Anta ‘aduwullah Wahabi.” (Wahabi, kamu musuh Allah). Artinya Gus Dur telah mengkafirkan umat Islam lainnya.
http://nahimunkar.com/1782/aqil-siradj-tirukan-gus-dur-anta-%E2%80%98aduwullah-wahabi/
Demikian sedikit catatan terkait sepak terjang Kyai Said yang dapat kami himpun. Mungkin masih banyak catatan lain yang tidak kami ketahui. Catatan ini disusun tidak dalam rangka membuka aib seseorang, namun kesalahan seorang tokoh wajib dibuka ke publik agar umat selamat tidak mengikuti ucapan dan sepak terjangnya yang keliru itu. setidaknya ini dapat menjadi pegangan untuk kita semua menyikapi musibah terbesar yakni fenomena ulama yang berbicara tanpa ilmu.
Kami sarankan juga ikhwah meluangkan waktu untuk menela’ah tulisan yang sangat bagus di http://www.firanda.com/index.php/artikel/bantahan/221-nasehat-dr-said-aqiel-siradj-ma-untuk-ketua-pbnu-kiyai-haji-said-aqiel-siradj
Bekasi, 17 Muharram 1433 H
WH Foundation
Wildan Hasan
(Direktur)