Sajin Saleem pulang ke Jeddah Arab Saudi dari Qatar di mana dia menyaksikan pertandingan Piala Dunia.
Sesampainya di Bandara King Abdulaziz saat hujan deras membanjiri kota pesisir pada Kamis, dia menunggu berjam-jam untuk mendapatkan taksi tetapi tidak berhasil.
Pada akhirnya, dia mendapat tumpangan dari orang lain yang ditemui di bandara, dan menurunkannya sejauh 6 km dari rumahnya karena mobil tidak dapat melaju lebih jauh karena ketinggian air.
Mengarungi air setinggi lutut dan membawa barang bawaannya di atas kepalanya, Saleem akhirnya berhasil pulang.
Tidak ada kerusakan yang disebabkan oleh banjir di flatnya di lantai lima, tetapi mobil Changan buatan Cina miliknya yang baru, yang diparkir di lantai dasar, terendam lumpur yang terisi hingga setir.
Saat penduduk Jeddah perlahan pulih dari banjir bandang – yang diakibatkan oleh curah hujan 179 milimeter – banyak orang seperti Saleem berjuang untuk menghidupkan kembali kendaraan mereka di kota yang tidak memiliki sistem transportasi umum yang efektif.
Banjir bandang yang dahsyat pada Kamis menyebabkan dua orang tewas dan kerusakan yang meluas pada properti dan kendaraan umum.
Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan ratusan mobil mengambang, menabrak yang lain, tenggelam di jalan yang berlubang, dan mesin serta interiornya berlumuran lumpur tebal.
Meskipun angka kerusakan belum diumumkan, studi tahun 2015 tentang dua banjir serupa sebelumnya pada November 2009 dan Januari 2011 menemukan bahwa lebih dari 10.000 rumah dan 17.000 kendaraan telah hancur akibat gabungan kedua peristiwa tersebut.
Buruh migran paling terpukul
Setelah subuh pada Kamis, pengawas gudang Shaji Parappanadan berangkat kerja di Kumra di selatan Jeddah dari kediamannya di distrik al-Sharafiyah.
“Cuaca mendung, lalu hujan. Saya pikir saya tidak akan berhasil, tetapi saya melakukannya,” kata Parappanadan kepada Middle East Eye.
Setelah jeda singkat, hujan turun deras lagi, dan sekitar pukul 13.30 waktu setempat, manajernya menyuruhnya pulang dengan Toyota Dyna milik perusahaan karena mobil kecilnya mungkin tenggelam.
“Butuh waktu tiga jam, karena kendaraan bergerak lambat, mengantisipasi longsoran di jalan saat kami melihat trailer terendam di jalan,” katanya.
Pekerja shift awal telah tiba di kantor mereka sebelum manajer mereka menyuruh mereka bekerja dari rumah, dan mereka terjebak di kantor karena mereka tidak bisa mengambil risiko membawa mobil mereka.
“Orang-orang yang datang terlambat terjebak di jalan dalam perjalanan ke tempat kerja. Beberapa pekerja tidak mencapai tempat tinggal mereka bahkan setelah tengah malam. Banyak pekerja tidur di gudang mereka,” jelas Parappanadan.
Banjir paling parah melanda pekerja migran, yang sebagian besar mengandalkan mobil kecil untuk transportasi dan restoran untuk makan.
Ishaq Poondoly, mantan karyawan lainnya, mengatakan banyak pekerja yang bergantung pada restoran kelaparan sepanjang hari di penginapan atau underpass mereka.
Keesokan paginya, pihak berwenang mulai membersihkan kendaraan yang menumpuk di jalanan dan membuka jalan.
Masalah yang ada di benak banyak warga saat ini adalah kompensasi dan asuransi mobil.
Banyak orang di Arab Saudi, terutama profesional muda dan mantan karyawan, lebih memilih mobil bekas karena lebih terjangkau.
Beberapa orang yang berbicara dengan MEE mengatakan sebagian besar penduduk yang memiliki mobil bekas tidak berharap perbaikan kendaraan mereka akan ditanggung oleh asuransi, karena polis asuransi cenderung berpihak pada pemilik mobil baru.
Pada Jumat, juru bicara perusahaan asuransi Saudi, Adel Al-Essa, membahas kekhawatiran seputar polis tersebut, membenarkan bahwa kompensasi akan dibayarkan untuk kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam, termasuk hujan.
Kemudian pada hari yang sama, pemerintah kota Jeddah mengumumkan skema kompensasi bagi mereka yang mengalami kerusakan akibat banjir.
Tragedi berulang
Jeddah, kota berpenduduk sekitar empat juta orang yang terletak dekat Laut Merah, sering disebut sebagai “pintu gerbang ke Mekkah”, tempat jutaan orang menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahun.
Hujan badai musim dingin dan banjir terjadi hampir setiap tahun di Jeddah, di mana penduduk telah lama mengeluhkan buruknya infrastruktur. Banjir menewaskan 123 orang di kota itu pada 2009.
Pada November 2017, polisi Jeddah menerima 11.000 telepon pada suatu pagi setelah hujan deras mengguyur kota tersebut.
Tahun lalu, penurunan suhu di Arab Saudi juga mengakibatkan banjir di banyak bagian Jeddah.
Banjir bandang telah menyebabkan masalah di Jeddah selama beberapa dekade, sejak awal 1970-an, menurut sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Geomatics, Natural Hazards and Risk.
Curah hujan tinggi terjadi pada 1972, 1977, 1979, 1992, dan 1996, sedangkan yang terberat terjadi pada November 2009 dan Januari 2011.
“Peristiwa ini ditandai dengan nilai curah hujan masing-masing 70 dan 111 mm,” kata studi tersebut.
Rata-rata kerusakan akibat banjir bandang yang melanda wilayah Jeddah pada 2009 dan 2011 mencapai sekitar 10 miliar Riyal Saudi ($2,6 miliar).
Studi tersebut mengatakan fitur geomorfologi Jeddah, perubahan iklim, dan perencanaan kota yang tidak terencana adalah alasan utama dari masalah yang berulang dan diprediksi akan terus terjadi di masa depan.
“Perubahan iklim berdampak besar pada intensitas curah hujan dan akan lebih banyak muncul di masa depan.” (haninmazaya/arrahmah.id)