(Arrahmah.id) – Ali Bin Rabban At-Tabari lahir dalam keluarga Kristen Suriah asal Yahudi. Mereka menyebut tanggal yang berbeda dalam hidupnya antara 838-870, 810-855, 808-864, 783-858. Ayahnya Sahl Ibnu Bishr adalah seorang ilmuwan, menjabat sebagai penasihat untuk gubernur Khuzistan, dan kemudian untuk wazir Baghdad. Putranya menerima darinya pengetahuan di bidang kedokteran, ilmu alam, kaligrafi, filsafat, dan sastra.
Ali Bin Rabban At-Tabari menjadi terkenal sebagai dokter dan psikolog. Dia menulis salah satu ensiklopedia pertama tentang kedokteran, Firdaus Al-Hikma (Surga Kebijaksanaan), dan menulis 11 buku lagi, yang sebagian besar dikhususkan untuk kedokteran. Dokter dan filsuf Muslim terkenal Abu Bakar Muhammad Ibnu Zakariya Ar-Razi (865-925) yang dianggap sebagai salah satu tokoh terpenting dalam sejarah kedokteran, adalah muridnya.
Ali Bin Rabban bertugas di istana khalifah Abbasiyah Al-Mu’tashim (833-842) dan Al-Mutawakkil (847-861). Dia begitu dekat dengan para khalifah sehingga terkadang dia menyebut mereka dengan nama pribadi dalam karyanya.
Pada sekitar usia 70, Ali Bin Rabban masuk Islam, dan kemudian menulis dua risalah di mana ia mengkritik Kekristenan, Radd Ala An-Nasara (Penyangkalan Terhadap Kekristenan) dan Kitab Ad-Diin Wa Ad-Dawla (Buku Tentang Agama dan Negara). Dalam buku terakhir, ia memperkuat kebenaran misi kenabian Muhammad Shalallahu Alayhi Wa Sallam dengan dasar pernyataan dalam Alkitab.
Argumen-argumen yang dibuatnya terhadap agama Kristen dalam dua karya ini mempengaruhi literatur Islam. Karena Ali Bin Rabban fasih berbahasa Suryani dan Yunani, dia membaca teks-teks Injil dalam bahasa aslinya, lalu dengan hati-hati membandingkannya dengan dogma Kristen. Rupanya, dia memiliki keraguan tentang dogma Kristen bahkan ketika dia masih menjadi seorang Kristen. Misalnya, dalam doktrin Inkarnasi. Dalam risalahnya, ia menulis bahwa ini adalah salah satu masalah yang mendorongnya meninggalkan Kristen.
Dalam Radd Ala An-Nasara, Ali Bin Rabban menulis: “Niat saya terkait apa yang telah saya nyatakan dan tetapkan dalam buku ini bukanlah untuk menyangkal Kristus atau orang-orang tentang kebenaran-Nya, tetapi lebih kepada sekte-sekte Kristen yang menentang Kristus dan Injil, dan memutarbalikkan kata-katanya. Tidak ada Muslim yang akan membaca buku saya tanpa meningkatkan kegembiraan, dan tidak ada orang Kristen yang akan membacanya tanpa menghadapi pilihan yang menakutkan: meninggalkan agama mereka dan menemukan kekurangan dalam fondasi keimanannya, atau menemukan di dalamnya apa yang dia anggap salah dan meragukannya selama sisa hidupnya karena bukti rasionalitas dan kebenaran wahyu akan menjadi jelas baginya, jika itu adalah kehendak Tuhan Yang Maha Esa.”
Tentang sifat Kristus, Ali Bin Rabban menulis: “Kami akan bertanya kepada mereka(Kristen) tentang Kristus, apakah dia Pencipta yang kekal, sebagaimana dinyatakan dalam doktrin mereka, atau apakah dia orang pilihan, sebagaimana dinyatakan dalam keyakinan kami, atau dia Tuhan-manusia, seperti keyakinan beberapa dari mereka?
Jika mereka berkata, “Dia adalah seorang manusia yang diciptakan oleh Tuhan dan diutus oleh-Nya sebagai utusan,” berarti mereka setuju dengan ajaran Islam. Dan jika mereka mengatakan: “Tidak, dia adalah Tuhan, Pencipta dan abadi,” maka mereka bertentangan dengan Injil dan kitab-kitab lain. Karena dalam bab 8 Injil Matius berbunyi “Dari Allah, Yang Agung dan Perkasa: “Lihatlah, hamba-Ku, yang saya pegang dengan tangan, orang pilihanku, yang dia sukai dalam jiwaku. Aku akan menaruh Roh-Ku pada-Nya, dan Dia akan menyatakan penghakiman kepada bangsa-bangsa,” Dalam kitab ini menyeb
utkan Nabi Yesaya bersaksi bahwa Kristus adalah seorang hamba.
Ini adalah pernyataan yang jelas, bukan gumaman tanpa arti, dan Yesaya adalah seorang nabi, bukan seorang penuduh, dan kenabiannya diteguhkan oleh Injil. Karena seorang hamba tidak dapat menjadi ilahi, dan Tuhan tidak dapat menjadi seorang hamba.
Jadi, wahai orang-orang Kristen, pikirkanlah ini: Markus menulis dalam Injilnya bahwa ketika di kayu salib, Kristus berseru: “Tuhanku, Tuhanku! Mengapa Engkau meninggalkan saya? Dan ini adalah kata-kata terakhirnya di dunia. Matius mengatakan dalam Injilnya pasal 20 bahwa Kristus mengambil roti, menyobeknya dan memberikan sepotong kepada para murid, dengan mengatakan, “Inilah dagingku.” Dan dia memberi mereka secangkir minuman, berkata, “Ini adalah darahku.”
Dia yang memiliki daging dan darah adalah tubuh, dan setiap tubuh memiliki panjang, lebar dan kedalaman, semuanya bisa diukur dan ditimbang. Tetapi Tuhan – besarlah kemuliaan-Nya! – tidak dapat diukur atau ditimbang, karena segala sesuatu yang dapat diukur adalah terbatas, dan segala sesuatu yang terbatas akan meluruh dan hancur. Lukas dalam bab 3 Injilnya, menggambarkan Kristus ketika ia masih kecil, mengatakan: “Yesus makmur dalam kebijaksanaan dan usia, ia cinta pada Tuhan dan manusia.” Pasal yang sama mengatakan: “Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat dalam roh, penuh dengan hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.” Sang Pencipta Kekal tidak dapat menyebut seseorang sebagai Tuhan, atau mengatakan bahwa dia adalah seorang anak kecil dan anugerah Tuhan abadi lainnya berdiam di dalam dirinya.”
Radd Ala An-Nasara dan Kitab Ad-Diin Wa Ad-Dawla telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan diterbitkan dengan judul The Polemical Works Of Ali Al-Tabari pada 2016.
(zarahamala/arrahmah.id)